Tahun 2023 Mangga Gedong Gincu Siap Ekspor

Kabupaten Sumedang sebagai penghasil komoditas mangga gedong gincu dipastikan akan kembali menembus pasar ekspor. Hal itu setelah adanya pertemuan antara dirinya dengan Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, dan juga beberapa pengusaha dari Jepang ke Desa Jembarwangi, dan Poktan Melati Desa Cipicung Kecamatan Jatigede beberapa waktu lalu. 

"Kami masih nego mengenai harga untuk ekspor. Karena selama ini masalah ekspor gedong gincu itu ada pada lalat buah," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman.

Menurutnya, pemerintah akan merangkul akademisi dari UNPAD untuk menciptakan formula khusus untuk mengatasi hama lalat buah. "Tanggal 17 November kemarin buyer dari Jepang melakukan survei ke Jatigede. Kami tunggu hasilnya mudah-mudahan oke sehingga tahun 2023 kami siap ekspor gedong gincu," ujarnya.

Berdasarkan penuturan dari Dirjen Holtikultura, gedong gincu merupakan mangga Indonesia yang keunikan dengan aroma dan rasa yang khas, yang tidak dimiliki oleh negara tropis lain. Seperti diketahui, sebelumnya gedong gincu juga diekspor ke Rusia.

 "Peluang ini harus kami raih, karena pasar Jepang untuk mangga sangat besar. Pemerintah pusat juga akan mendorong pengendalian hama lalat buah secara masif," katanya.

 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel