Sekilas Tentang Seni Bingbrek, Kesenian Buhun Dari Kecamatan Cibugel

Kesenian buhun yang satu ini, bisa dibilang khas Kecamatan Cibugel loh wargi Sumedang, yaitu Seni Bingbrek. Kata Bingbrek berasal dari Bring (ngalabring), brek (andiprek). Kalimat tersebut merupakan kebiasaan masyarakat saat akan memulai pagelaran.

Seni tradisional asli asal Cibugel ini, biasanya dulu dipentaskan saat syukuran seusai panen padi.  Alat musik seni Bingbrek diantaranya; kendang, terbang, tarompet, kecrek, dan goong. Jika pentas biasanya diiringi penari.

Seni Bingbrek masih menyimpan nilai atau makna budaya buhun yang masih erat dengan kearifan lokal. Seni Bingbrek harus dilestarikan sebagai pondasi keanekaragaman senibudaya Sumedang.  

Sejatinya akar budaya itu tumbuh di daerah, salah satu contohnya ya seni bingbrek yang berada di Cibugel, walau memang dengan kondisi apa adanya, karena seniman dan budayawan sejati tumbuh dari semangat memelihara.

Keberadaan seni Bingbrek kini kerap dipentaskan di sebuah padepokan yang ada di wilayah Desa Sukaraja. Pemerintah desa akan terus memberikan kontribusi terhadap kelangsungan pelestarian seni dan budaya buhun. Karena menurutnya seni buhun ialah seni tanda jati diri dan bukti sejarah.

Selain keberadaan seninya, pihak desa juga berkeinginan agar seniman dan budayawan daerah yang menjadi akar kekuatan dari budaya Sumedang bisa juga diperhatikan. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Catalina

    Jun 11, 2023 06:55

    You һave made some decent points there. I looked on the net fоr more info about the issue аnd found most individuals wіll go along with your views on this site.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828